Soal Pretes PPG dalam jabatan

 1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.

Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif

2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral

6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spritual

7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A. penalaran pascakonvensional

B. penalaran konvensional

C. penalaran prakonvensional

D. penalaran interkonvensional

8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

A. Prakonvensional

B. Konvensional

C. Pascakonvensional

D. Interkonvensional

9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. menformulasikan tindakan

10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial

12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme

14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humannistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme

15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme

16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

A. Sibernetik

B. Konstruktivisme

C. Behaviorisme

D. Kognitivisme

17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

A. Behaviorisme

B. Konstruktivisme

C. Kognitivisme

D. Sibernatik

18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

21. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran

B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)

C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)

D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

22. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati  tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....

A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)

B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )

C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)

D. Auditif Visual dan kinestetik

23. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:

A. memberi contoh penting toleransi

B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

24. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar  antara lain sebagai berikut ………

A. menentukan kreteria keberhasilan belajar

B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan

D. merencanakan pengajaran remidi

25. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...

A. 3-5tahun

B. 6-8 tahun

C. 10-12 tahun

D. 15-18 tahun

26. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….

A. implusive

B. reflektif

C. gaya berfikir terikat

D. gaya berfikir bebas

27. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….

A. jujur dan adil

B. mengikat dan memaksa

C. sementara dan selamanya

D. sebenarnya dan sejujunya

28. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……

A. Adil

B. Obyektif

C. Valid

D. Sistematis

29. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

A. 30

B. 21

C. 27

D. 18

30. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….

A. Pengukuran

B. Evaluasi

C. Penilaian

D. Penilaian

31. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..

A. Membaca intensif

B. Membaca langsung

C. Membaca deduktif

D. Membaca sekilas

32. Etika Pancasila adalah …..

A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

B. Keagamaan, social dan kerakyatan

C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

33. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

A. Metode pembelajaran

B. Pendekatan pembelajaran

C. Strategi pembelajaran

D. Gaya pembelajaran

34. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali....

A. Meningkatkan proses belajar mengajar

B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus

C. Mencakup proses refleksi

D. Menggunakan metodelogi terbaru

35. Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....

A. Verbal

B. Nonverbal

C. Inverbal

D. Sistimatik

36. Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....

A. Pemerolehan bahasa

B. Pemerolehan isyarat anak

C. Pemecahan bahasa anak

D. Karakteristik anak

37. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....

A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman

B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.

C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

38. Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.

Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....

A. Menulis judul buku

B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata

C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah

D. Menuliskan nama majalah

39. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....

A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan

B. Sebagai alat pemersatu bangsa

C. Sebagai alat perhubungan

D. Sebagai lambang identitas nasional

40. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....

A. Alat perhubungan tingkat nasional

B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional

C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan

D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan

41. Cermatilah kalimat berikut!

Setiap peserta didik harap membawa piring sendok dan gelas saat pesantren

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah…

A. Setiap peserta didik harap membawa piring, sendok, dan gelas saat pesantren.

B. Setiap peserta didik harap membawa; piring, sendok, dan gelas saat pesantren.

C. Setiap peserta didik harap membawa, piring, sendok dan gelas saat pesantren.

D. Setiap peserta didik harap membawa: piring, sendok dan gelas saat pesantren.

42. Penulisan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat...

A. Dimas memerlukan perlengkapan: tas, sepatu, dan alat tulis baru untuk sekolah.

B. Ayah membeli barang-barang rumah tangga: perkakas dapur dan baju baru.

C. Guru saya, Pak Redi sangat pandai, dan kreatif.

D. Ber-evolusi berarti melakukan evolusi.

43. Kalimat di bawah ini yang menggunakan tanda baca dengan tepat adalah…

A. Andre bertanya: “Apakah kamu bahagia?”

B. Gaya rambut “bob” sudah tidak popular lagi di Indonesia.

C. Sultan naik bus antar kota ke malang Jawa Timur.

D. Rate od inflation, ‘laju inflasi’, di Indonesia mulai menurun.

44. Pemakaian huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat…

A. Putri akan berangkat ke Aceh pada Bulan Mei.

B. Penduduk desa itu di dominasi oleh Suku Jawa.

C. Lomba antarwarga diselenggarakan untuk menyambut Hari Kemerdekaan.

D. Gunungkidul mendapat julukan sebagai Bukit Seribu.

45. Penulisan kata bilangan yang tepat adalah…

A. Dua ratus lima puluh orang diundang dalam rapat penting itu.

B. Putri membaca novel itu sampai tiga kali.

C. 15 orang menjadi korban longsor di daerah itu.

D. Kami harus menyiapkan uang 500 an untuk konsumen.

46. Cermatilah paragraf berikut!

Fenomena alam langka berupa munculnya awan [….] di atas Gunung Rinjani ini menjadi viral dan [….] di media sosial Facebook. Tak hanya di Facebook saja, namun foto dari Gunung Rinjani yang […..] topi awan ini juga ramai di media sosial Instagram, maupun Twitter.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah…

A. Ditopi, membincangkan, bermahkotakan

B. Bertopi, perbincangan, bermahkotakan

C. Bertopi, perbincangan, dimahkotakan

D. Menopi, membinvangkan, dimahkotakan

47. Cermatilah paragraf berikut!

Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus [...] memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda. Setiap media akan [...] tulisan-tulisan iptek sesuai adalah selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut [...] dengan bahasa dan gaya populer penulisan. 

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah…

A. menyoba, mensajikan, mentampilkan

B. menyoba, menyaji, menampilkan

C. mencoba, menyajikan, ditampilkan

D. mencoba, menyajikan, menampilkan

48. Bacalah paragraf tersebut dengan saksama!

Di Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat, ada pemandangan yang [….] saat musim panas tiba. Mulai minggu ini, salju yang [….] gunung di Taman Nasional Yosemite akan […] memiliki semburat warna pink.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah…

A. Menarik, menselimuti, melihat

B. Menarik, menyelimuti, terlihat

C. Mentarik, menyelimuti, terlihat

D. Mentarik, menselimuti, melihat

49. Cermati kalimat berikut!

Berbagai informasi dapat kita peroleh secara mudah. Bentuk informasi pun bermacam-macam, ada yang berupa gagasan baru, pendapat para ahli, pesan moral dan sosial. Semuanya dengan mudah dapat […] Kita harus dapat memilah-milah informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita [...] semua informasi yang telah kita dapat.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…

A. Di sebarluaskan, mencampur adukkan

B. Di sebarluaskan, menyampuradukkan

C. Disebarluaskan, mencampuradukkan

D. Disebarluaskan, mencampuradukkan

50. Bacalah paragraf tersebut dengan saksama!

Puthut mungkin sudah ditakdirkan untuk hidup di jalan pedang. Begitu masuk UGM, ia langsung banyak terlibat dalam aktivitas politik dan […] mahasiswa. Ia bahkan sempat ikut […] sebuah organisasi mahasiswa tingkat nasional dengan nama Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), dan juga sempat menjadi Sekretaris jenderal di Komite Perjuangan Rakyat untuk Perubahan (KPRP). Mojok.co

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah…

A. Gerak-gerakan, membuat

B. Gerakan-gerakan, membuat

C. Gerak-gerakan, mendirikan

D. Gerakan-gerakan, mendirikan

51. Cermatilah paragraf berikut!

Malam itu warga ingin menonton pertunjukan konser penyanyi ibu kota. Mereka [….] ingin membeli tiket. Setelah konser mereka dimulai, para penonton sangat menikmati pertunjukan malam itu. Tepuk tangan riuh [….] dilakukan para penonton setiap akhir lagu.

Kata ulang berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…

A. terdesak-desak, joget-jpgetan, berkali-kali

B. berdesakan-berdesakan, berjoget-joget, sekali-kali

C. berdesak-desakan, berjoget-joget, berkali-kali

D. desak-desakan, berjoget-jogetan, sekali-kali 

52. Cermatilah kutipan berikut!

Pesyaratan yang dilampirkan:

(1) Surat lamaran pekerjaan

(2) Foto copy KTP

(3) Foto copy C1

(4) Foto copy ijazah terakhir

Perbaikan penulisan kata/ istilah yang tepat adalah...

A. Fotocopy

B. Fotokopi

C. Foto kopi

D. Photocopy

53. Cermati paragraf berikut!

Desa merupakan wilayah pemukiman yang bisa dikatakan kurang popular sebagai tempat tinggal masyarakat. Desa dipandang sebagai tempat yang sangat keterbelakangan. Hampir tidak ada fasilitas dan tehnologi memadai yang yang dapat diakses masyarakat untuk memudahkan kegiatan. Keterbelakangan teknologi tersebut menjadikan masyarakat yang hidup di pedesaan terkesan kuno.

Penulisan kata depan yang tepat ditunjukkan oleh kalimat…

a. Aku memandangmu diujung mataku.

b. Sinta menanti di Jakarta.

c. Jangan menangis dipelataran.

d. Makanan itu di sediakan panitia.

54. Cermatilah beberapa kata berikut!

1) gerak-gerik

2) serba-serbi

3) lauk-pauk

4) sayur-mayur

5) warna-warni

6) ramah-tamah

Kata tidak baku terdapat pada kalimat nomor… 

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (3) dan (2)

D. (3) dan (4)

55. Kata-kata tersebut termasuk dalam contoh dari proses…

A. Proses pemajemukan

B. Proses perubahan morfemis

C. Proses reduplikasi

D. Proses morfofonemis

56. Penulisan reduplikasi gabungan kata yang benar dari contoh kata majemuk di bawah ini yang tepat adalah….

A. Rumah sakit-rumah sakit

B. Rumah-rumah sakit

C. Rumah sakit-sakit

D. Rumah sakit

57. Cermatilah paragraf berikut!

Proses disain dilakukan dengan mengamati potensi tren disain dunia dari berbagai media kemudian menyadur tren warna, tekstur/ motif, material dan finising untuk menjadi sebuah tema atau konsep seleksi baru. Tidak hanya melihat ke tren dunia, Djalin konsisten mengabungkan inspirasi konsisten mengabungkan inspirasi yang didapat dari kebudayaan dan alam Indonesia.

Penulisan kata tidak baku dalam paragraf tersebut yang tepat adalah…

A. inspiran

B. konsistin

C. trend

D. desain

58. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam kalimat tersebut adalah…

A. demi, bagi

B. bila, agar

C. agar, untuk

D. kalau, demi

59. Bacalah paragraf tersebut dengan saksama!

1) Sebuah dinamika dari kalangan pendengar langgam jawa generasi milenial mulai menyeruak ketika industri musik Negeri Ginseng membombardir pasar hiburan Tanah Air. (2) Fenomena itu seakan membawa kembali memori era 90-an saat musik Punk berbicara tentang pergerakan antikemapanan pada gempuran melodi Pop. (3) Munculnya genre musik campursari yang belakangan banyak didengarkan oleh kalangan milenial ini cukup menyita perhatian. (4) Musik lokal tersebut menampakkan dirinya kepada sebagian konsumen nusantara yang terlanjur hanyut dengan tembang-tembang K-Pop seperti group Super Junior, BTS, Girls Generation, maupun BLACKPINK. (5) Kembalinya Campursari pada akhir periode 2010- an selepas tren pada era 1990-an ini tidak lepas dari sentuhan media jejaring sosial.

Kata tidak baku terdapat pada kalimat nomor… 

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

60. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah…

A. sementara itu, atau, sehingga

B. setelah itu, dan, sebelum

C. sebab itu, atau, supaya

D. karena itu, juga, bila

61. Cermatilah kalimat berikut!

Susi ternyata siswi yang rajin.

Inti kalimat tersebut adalah ….

A. Susi ternyata rajin

B. Rajin

C. Susi siswa rajin

D. Susi rajin

62. Cermatilah kalimat berikut!

Rudi membeli sepatu dan Ibu membayarnya.

Pola kalimat tersebut sama dengan beberapa kalimat berikut, kecuali…

A. Ayah membaca koran atau Ayah membaca majalah?

B. Ibu tinggal di sini atau Ibu ikut pulang.

C. Kakak menyapu halaman dan adik membersihkan kamar tidur

D. Kakak tertidur ketika adik menangis.

63. Cermati kalimat berikut!

Nelayan menangkap ikan di laut.

Kalimat yang memiliki pola kalimat yang sama dengan kalimat tersebut adalah…

A. Murid membaca buku di perpustakaan

B. Dia bergembira saat pesta pernikahannya.

C. Kemarin polisi menangkap preman di pasar.

D. Siang itu, Rudi makan.

64. Cermatilah kalimat berikut!

Aku sangat ingin sekali membeli baju baru tetapi aku tidak mempunyai uang yang cukup.

Kalimat yang polanya sesuai dengan kalimat tersebut adalah ….

A. Aku meminta dia memilih buku fiksi atau nonfiksi

B. Aku sangat menyukai sepakbola, tapi aku tidak menyukai olahraga futsal.

C. Listi memiliki buku novel dan buku biografi.

D. Adi memenangkan lomba poster.

65. Kalimat berikut yang merupakan kalimat majemuk setara adalah…

A. Setelah Adi meninggalkan, Santi justru bahagia.

B. Rusmi dalam keadaan mengandung, tetapi ia tetap ikut aksi sosial.

C. Beberapa bulan setelah tiba di Perancis, Ani melahirkan.

D. Ibu itu pingsan saat suaminya divonis tiga tahun penjara.

66. Cermatilah paragraf berikut!

Eceng gondok adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia eceng gondok mempunyai nama lain. Di daerah Palembang dikenal dengan nama kelipuk. Di Lampung eceng gondok dikenal dengan nama ringgak, di Dayak dikenal dengan nama ilung-ilung, dan di Manado dikenal dengan nama tumpe.

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …

A. Mengapa eceng gondok termasuk jenis tanaman yang mengapung di air?

B. Mengapa di daerah Palembang eceng gondok dikenal dengan nama kelipuk?

C. Apa yang menyebabkan eceng gondok punya banyak nama?

D. Apa nama lain eceng gondok?

67. Cermatilah kalimat berikut!

Taman kota tempat yang sangat penting bagi sebuah kota. Taman kota berfungsi sebagai paru-paru dan jantung kota yang membuat siklus oksigen dan karbon dioksida dapat berganti dengan sempurna. Taman kota juga bisa difungsikan sebagai ruang terbuka untuk masyarakat. Biasanya, masyarakat memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan kegiatan rekreasi, olahraga, dan lainnya sambil menghirup udara segar.

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…

A. Mengapa taman kota diperlukan bagi sebuah kota?

B. Bagaimana proses siklus oksigen dan karbondioksida berganti secara sempurna?

C. Siapa yang membangun taman kota?

D. Apa pengertian taman kota?

68. Cermatilah kalimat berikut!

(1) Sudah dua hari Zahra menderita sakit gigi. (2) Ia sering menangis tersedu-sedu. (3) Kakak sudah memberikan obat sakit gigi. (4) Ternyata, gigi Zahra banyak yang berlubang.

Kalimat berobjek terdapat pada kalimat nomor…

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 3 dan 4

D. 3 dan 2

69. Cermatilah kalimat berikut!

Amalina menyuruhku, “Bawa roti ini ke warung!”

Kalimat tak langsung yang tepat berdasarkan kalimat langsung tersebut adalah…

A. Disuruh Amalina aku membawa roti itu ke warung.

B. Aku menyuruh Amalina agar membawa roti itu ke warung.

C. Amalina menyuruhnya, agar membawa roti itu ke warung.

D. Amalina menyuruhku agar membawa roti itu ke warung.

70. Kalimat yang mengandung dua klausa yaitu…

A. Sigit baru membeli drone di Toko Kurnia

B. Perjudian dan penyakit busung lapat telah hilang dari desa kami.

C. Ratusan universitas akan mengikuti lomba penelitian di Bali.

D. Mobil baru itu menabrak pohon manga di Jalan A.M. Sangaji

71. Cermatilah paragraf berikut!

Musim kemarau yang panjang membuat orang di desaku kekurangan air. Penduduk mencari air ke sumur-sumur yang masih ada airnya, salah satunya adalah sumur Pak Husin. Orang antre menimba air dan memikulnya sampai di rumah. Bukan hanya air yang […..] didapat, tanaman di sekitar rumahku pun banyak yang kering karena tidak mendapatkan air yang cukup. Demikian halnya hewan ternak terlihat [….] karena kekurangan minum dan menahan teriknya sinar matahari.

Frasa adjektiva yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah….

A. Agak menyulitkan; sangat kelaparan

B. Sangat payah; tidak pernah makan

C. Amat susah; kurus-kurus

D. Sangat susah; sangat menderita

72. Cermati kalimat-kalimat berikut!

1) Berwisata di Anyer sangat menyenangkan. Chairil sudah mencintai seni sejak kecil.

2) Setahun yang lalu ayah bekerja sebagai pilot.

3) Masyarakat menikmati kebebasannya dalam berkampanye.

4) Frasa nominal terdapat dala kalimat nomor… 

A. (4)

B. (2)

C. (1)

D. (3)

73. Berikut merupakan frasa eksosentris, kecuali…

A. bagi negara

B. kepada adiknya

C. tentang evaluasi

D. sudah makan

74. Cermati kalimat berikut!

Pengendalian harga kedelai dan kacang hijau dilakukan oleh pemerintah.

Frasa verba dalam kalimat tersebut yaitu…

A. pengaruh globalisasi

B. akan mengalami

C. cara pandang

D. pergeseran apresiasi

75. Inti frasa yang menduduki subjek kalimat tersebut adalah…

A. pengendalian

B. harga

C. harga kedelai

D. kacang

76. Cermatilah paragraf berikut!

(1) Kamera yang terpatri di smartphone Android atau iPhone sejatinya memiliki fungsi utama untuk dapat memotret objek atau merekam berbagai macam momen. (2) Nah, siapa sangka kamera smartphone juga bisa dialihfungsikan sebagai kamera Closed Circuit Television atau CCTV. (3) Kamera CCTV biasanya digunakan untuk memantau kondisi di dalam atau sekeliling rumah. (4) Dibandingkan kamera CCTV konvensional, smartphone memiliki sangat banyak kelebihan.

Kalimat yang efektif terdapat pada kalimat nomor... 

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (4)

D. (2) dan (3)

77. Cermati paragraf berikut dengan saksama!

BJ Habibie adalah merupakan presiden Republik Indonesia ketiga yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936. Ia putra keempat dari delapan bersaudara pasangan,suami istri Bugis Jawa yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Setelah menamatkan SMA nya, Ia melanjutkan studinya di Universitas Indonesia Bandung (sekarang ITB). Kemudian setelah lulus, Habibie terbang ke Jerman untuk belajar di Technische Hochschule Jerman. Gelar diploma diraih Habibie pada tahun 1960 kemudian menyusul gelar doktor di tempat yang sama pada 1965.

Perbaikan kalimat tidak efektif yang terdapat pada paragraf tersebut adalah …

A. Setelah menamatkan SMA nya, Ia melanjutkan studinya di Universitas Indonesia Bandung (sekarang ITB).

B. BJ. Habibie merupakan presiden Republik Indonesia ketiga yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936.

C. Gelar diploma diraih oleh Habibie pada tahun 1960 kemudian setelah itu menyusul gelar doktor di tempat yang sama pada 1965.

D. Ia putra keempat daripada delapan bersaudara pasangan suami istri Bugis Jawa yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

E. Gelar diploma diraih Habibie pada tahun 1960 kemudian menyusul gelar doktor di tempat yang sama pada 1965.

78. Cermati paragraf tersebut dengan saksama!

(1) Buah plum memang tidak terlalu populer karena masih belum banyak dibudidayakan di Indonesia namun buah ini terkadang tersedia dalam bentuk segar di beberapa pusat perbelanjaan.

(2) Buah satu ini memiliki warna menarik serta rasa yang lezat serta mengandung banyak vitamin.

(3) Buah plum memang jarang di temukan dan di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia karena merupakan salah satu buah yang diimpor dari luar negeri.

(4) Akan tetapi, tidak ada salahnya kita mengetahui manfaat buah plum.

(5) Beberapa kandungan gizi yang bermanfaat dalam buah ini yaitu vitamin, mineral, asam folat, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, seng, lemak jenuh, dan antioksidan.

Kalimat yang efektif terdapat pada kalimat nomor... 

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (4)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

79. Cermati paragraf berikut!

Resep Membuat Jagat Raya adalah buku puisi pertama Naya yang diterbitkan pada bulan Januai, 2017 oleh penerbit Kabarita. Buku tersebut berhasil meraih penghargaan Tanah Obak Award, nominasi Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2017 untuk kategori buku pertama dan kedua. Buku tersebut juga itulah yang menjadikan Naya sebagai Penulis Puisi Tervaforit, dan Buku Puisi Terfavorit Anugerah Pembaca Indonesia 2017 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia. Buku itu juga mengantarkan Naya memperoleh anugerah KEHATI Award kategori Tunas Lestari Kehati, 2018, dari Kementerian Lingkugan Hidup. Buku kedua Naya yang berjudul Aku Radio Bagi Mamaku diterbitkan pada Oktober 2018.

Perbaikan kalimat tidak efektif yang terdapat pada paragraf tersebut adalah …

A. Buku itulah yang menjadikan Naya, sebagai Penulis Puisi Tervaforit dan Buku Puisi Terfavorit Anugerah Pembaca Indonesia 2017 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia

B. Buku tersebut juga yang menjadikan Naya, sebagai Penulis sekaligus Buku Puisi Tervaforit Anugerah Pembaca Indonesia 2017 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia

C. Buku itulah yang menjadikan Naya sebagai Penulis Puisi Tervaforit dan Buku Puisi Terfavorit Anugerah Pembaca Indonesia 2017 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia

D. Buku tersebut juga yang menjadikan Naya sebagai Penulis sekaligus Buku Puisi Tervaforit Anugerah Pembaca Indonesia 2017 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia

80. Cermati paragraf berikut!

(1) Kota Palangkaraya dan sekitarnya kembali diselubungi oleh kabut asap.

(2) Akibatnya, aktivitas berkendara di daerah ini sangat amat terganggu sekali karena jarak pandang hanya berkisar 50-100 meter. 

(3) Meski jarak pandang menipis, warga tetap menjalankan aktivitas kesehariannya dengan memakai masker. 

(4) Kabut asap yang kian pekat ini diduga akibat pembakaran lahan gambut.

Kalimat tidak efektif terdapat dalam kalimat nomor...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)


LihatTutupKomentar